Minggu, 22 Mei 2011

Kenapa sekarang hobby fotografi dan darimana asalnya

Gaya hidup setiap orang berbeda. Mungkin saya telaah orang dibagi dua dalam menikmati hidupnya, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan. Tipe pertama, orang itu cari duit dari hobbynya. Dan yang kedua, orang itu cari duit sendiri, dan hobbynya sendiri, berbeda. Bapak saya hobbynya olahraga, dan itu bulutangkis, kenapa dia tidak main tenis? Kenapa hobby saya sekarang ke fotografi? Coba saya uraikan disini.

Kamera pertama.
Kamera pertama didapat sekitar tahun 1995 atau 1996. Itu semacam toy cam. Merk nya Mi-Won atau Ajinomoto warnanya biru. Kok bisa? Dapat dari Bude Dju yang kebetulan masih jualan di pasar Kajen, Pekalongan. Mungkin hadiah dari sponsor. Dibungkus plastik (emange brambang? :-p). Saya pas itu masih sd kelas 6 SD atau mw naik kelas 6 saya lupa. Saya hanya jeprat jepret, ternyata ada film nya. Saya perhatikan ada penghitung bwt berapa foto dan lama2 berhenti. saya buka emg ada film nya. Gak tau deh emg udah kesave (bahasanya kesave??) ato belum. Dan gak sempat, gak punya duit bwt cuci.

Belajar olah digital pertama.
Rata-rata fotografer itu motret dulu baru belajar oldig. Tapi tidak dengan saya. Saya kursus desain grafis tahun 2004 di Phoenix School of Design Purwokerto. Sekarang dah tutup. Entah. Pengajar Corel adalah mas Dwi dan pengajar Photoshop adalah mas Elan. Mas Dwi sekarang gak tahu kemana, tapi mas Elan kayaknya masih di PWT, saya pernah liat. Tapi diantara itu, Corel dan Photoshop, saya lebih cinta Photoshop, lantarain gambar bitmap nya..lagipula bisa ngisengin temen hehe...

Kamera DSLR Pertama
Canon 1000D+lensa kit 18-55. Oktober 2010. Ya, rentang tahun 1995-2004-2010 emang waktu yang lama. Itu aja harus kredit. Dan harus dipaksain.

Kamera DSLR Kedua
Nikon D90 + lensa 18-105. Ditambah pinjeman adik 85 fix 1.8. Saya lebih mantap ke Nikon. Sejak Kakak saya fotografer Kementrian Budpar, mamerin D300s + lensa 12-24 f/2.8 dan 70-200 f/2.8 nya, saya mantep ke Nikon. Itu pun harus rela menjual komputer saya. Phenom X4 955 BE, Motherboard Gigabyte GA-785GT-UD3H (masi apal yah) RAM GSKILL 2x2 GB, dan yang penting VGA HIS 5830 1 GB 256 bit.

Ya, kadang kita harus mengorbankan sesuatu demi kenginginan yang tertunda sekian lama..

1 komentar:

Wandhy Admiyanto mengatakan...

muantap mas...semoga ane cpet nyusul punya 1.AMIN